Minggu, 03 Januari 2010

eksotika pasar traditional

Perkembangan peradaban telah membentuk terciptanya berbagai jenis pasar dalam kehidupan manusia. Pasar tidak saja dalam pengertian sebagai sarana pertemuan antara penjual dan pembeli, tetapi juga sebagai proses transaksi antara permintaan dan penawaran. Pasar dibedakan pula menjadi berbagai macam, berdasarkan jenis, lokasi, hari, wujud maupun luas jangkauan. Setiap jenis pasar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Demikian pula dengan pasar tradisional sebagai pasar dalam pengertian sempit, menjadi sarana pertemuan langsung antara penjual dan pembeli. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki pasar traditional memberi nilai eksotika tersendiri bagi setiap pengunjungnya.

Di pasar tradisional terjadi pertemuan langsung antara penjual dan pembeli yang selanjutnya akan menghasilkan proses tawar menawar. Pada proses inilah terjadi kedekatan personal dan emosional antara kedua belah pihak.


Apabila belum terjadi kesepakatan, pembeli mempunyai kesempatan untuk mencoba alternatif lain.


Sangat lekat dengan tradisi dan budaya lokal, seperti tradisi mengunjungi makam keluarga pada setiap hari tertentu dalam satu bulan. Pada saat itu pasar tradisional menyediakan barang yang dibutuhkan.


Produk-produk lokal yang sesuai dengan selera masyarakat setempat...

termasuk makanan tradisionalnya...


dan lorong-lorong 'labirin' yang sempit...
namun, apakah yang satu ini juga menjadi bagian dari eksotika pasar tradisional?....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar